Review Buku IT SERVICE MANAGEMENT A Guide for ITIL Foundation Exam Candidates Second Edition

IT SERVICE MANAGEMENT A Guide for ITIL Foundation Exam Candidates Second Edition

    Buku IT SERVICE MANAGEMENT A Guide for ITIL Foundation Exam Candidates Second Edition yang merupakan karya Ernest Brewster, Richard Griffiths, Aidan Lawes, dan John Sansbury merupakan buku yang memberikan sebuah arahan untuk memahami apa itu IT service management atau bisa disebut manajemen layanan. 

    Apa itu Service Management? Service Management atau Manajemen Layanan adalah seperangkat kemampuan organisasi khusus untuk memberikan hasil kepada pelanggan dalam bentuk layanan. “Kemampuan Khusus Organisasi” ini meliputi proses, kegiatan, fungsi dan peran yang menggunakan penyedia layanan dalam memberikan layanan kepada pelanggan mereka, serta kemampuan untuk membangun struktur organisasi yang cocok, mengelola pengetahuan dan memahami bagaimana memfasilitasi hasil yang menciptakan nilai. 

    Pada bagian yang pertama kita bisa mengetahui beberapa poin tentang manajemen layanan. Pada bagian ini kita mengetahui beberapa basic pada Service Management. Ada konsep utamanya yaitu nilai, nilai diciptakan dari dua komponen  yaitu ultilitas dan jaminan. Dan juga beberapa pengertian mengenai manajemen layanan.

     Pada bagian kedua yaitu Service Lifestyle, pada bagian ini kita juga mengetahui bagaimana cara memberikan layanan untuk menghasilkan nilai bagi organisasi. Pada bagian ini kita diajarkan agar bisa menjadi leader yang baik dengan memberikan skill yang dapat menjadikannya lebih baik. Pada bagian ini kita dapat mengetahui penjelasan lebih dari Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan Continual Service Improvement. Bagian ini juga menuntun kita agar dapat lebih memahami ITSM dan ITIL yang membahas

    Pada bagian ketiga yaitu The Processes and Functions, pada bagian ini kita lebih memahami proses-proses yang akan terjadi pada organisasi atau perusahaan baru seperti manajemen keuangan pada layanan TI, pengelolaan terhadap permintaan, dan manajemen hubungan bisnis, sehingga kita bisa mempelajarinya lebih lanjut.

    Pada bagian keempat atau yang terakhir yaitu Measurement, Metrics and the Deming Cycle, pada bagian ini terdiri dari tiga sub bab yaitu Measurement and Metrics, The Deming Cycle, dan Appendix. Pengukuran adalah prasyarat untuk perbaikan. Sederhananya, jika kita tidak dapat mengukur sesuatu, kita tidak dapat meningkatkannya atau menunjukkan bahwa itu telah meningkat, sedangkan metriks merupakan sesuatu yang diukur dan dilaporkan untuk membantu mengelola suatu proses dan layanan TI.

    Kesimpulan yang dapat diberikan yaitu buku ini sangat bermanfaat untuk para pemula atau pembaca yang sangat ingin mengetahui tentang apa itu ITSM dan ITIL secara lebih dalam, khususnya para penggagas perusahaan baru yang kurang mengetahui cara manajemen layanan dengan baik. Buku ini memberikan informasi yang baik dan detail. Tetapi buku ini memiliki kelemahan dalam penggunaan bahasa. Buku ini menggunakan Bahasa Inggris penuh, sehingga pembaca menjadi kesulitan dalam memahami inti dan informasi yang diberikan. Kita bisa lebih memahami buku ini jika mendapat bantuan dari orang yang lebih tau tentang buku ini atau kita juga bisa menggunakan alat yang dapat mempermudah dalam mendapatkan informasi yang lebih mudah kita pahami.

 

 

 

Referensi :

http://dina_agustin.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.15

Comments