Penerapan Framework ITIL pada MTIX

 

MTIX

     Kita ingin cara yang lebih mudah dan cepatkan untuk memesan tiket bioskop untuk menonton? Dengan adanya aplikasi MTIX ini, kita dapat memesan tiket tanpa harus datang ke tempat bioskopnya langsung, hanya melalui genggaman handphone anda bisa langsung memesan tiket dengan cepat dan mudah. Dengan adanya aplikasi MTIX, kita tidak harus mengantri untuk mendapatkan tiket yang kita inginkan.

     MTIX merupakan aplikasi yang digunakan para user untuk memesan tiket theater atau tiket bioskop secara online khusus untuk Cinema 21 untuk memudahkan para pengguna aplikasi ini. Saat pertama kali rilis, mtix hanya ada pada platform Android dan iOS, namun setelah waktu berjalan, mtix kini dapat diakses melalui platform Android, iOS, dan Web.

Framework ITIL

      ITIL, kependekan dari IT Infrastructure Library, mengacu pada kumpulan dokumen yang dibuat untuk memberikan panduan dan kerangka kerja untuk membangun solusi manajemen layanan IT. Organisasi atau bisnis yang mendukung infrastruktur IT dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya manajemen layanan dengan mengikuti panduan proses ITIL yang direkomendasikan. 

Penerapan ITIL pada aplikasi MTIX

  ITIL memiliki dua tujuan yaitu mendefinisikan terminologi saat ini (terminologi umum) dan mendefinisikan praktik terbaik untuk manajemen layanan IT. Penerapan ITIL pada MTIX memiliki 5 domain inti yaitu :

1. Service Strategy

Service strategy atau juga bisa disebut dalam bahasa Indonesia yaitu Strategi layanan adalah strategiyang dilakukan untuk memberikan layanan yang ada pada sebuah aplikasi atau program yang ada. Pada service strategy yang diberikan oleh MTIX ini sendiri yaitu dengan memberikan beberapa layanan seperti membeli tiket secara online yang dikhususkan pada bioskop CInema 21, melihat film bioskop yang sedang tayang, memesan makanan untuk disantap saat menonton bioskop.

Dengan adanya fitur-fitur ini, pengguna aplikasi akan dapat lebih mudah untuk menentukan film yang ingin ditonton dari rumah tanpa harus bingung dan berlama-lama ditempat bioskop untuk memilih film yang akan ditonton. Memesan makanan dan minuman juga tidak usah mengantri lagi, semua serba cepat dan mudah.

Karena adanya pelayanan MTIX tersebut seperti yang sudah dijelaskan yaitu memesan atau membeli tiket dengan cepat dan mudah secara online, dan juga membeli makanan dan minuman, diharapkan para penikmat film khususnya film bioskop memilih aplikasi MTIX daripada aplikasi pemesanan tiket bioskop lainnya.

2. Service Design

Service design atau juga bisa disebut Desain layanan merupakan desain dari sebuah layanan yang diberikan dan juga diterapkan oleh sebuah platform atau program, contohnya disini adalah MTIX. 

Desain pada aplikasi MTIX juga memiliki perubahan seiringnya waktu. Bisa dilihat gambar dibawah ini bagaimana desain layanan pada aplikasi MTIX yang sangat berbeda dalam jangka waktu beberapa tahun.

 

Seperti yang sudah terlihat pada gambar perbandingan, saat membuka aplikasi MTIX, pengguna aplikasi dapat langsung melihat apa saja layanan yang diberikan oleh MTIX.


Dapat dilihat pada gambar diatas, pada halaman home, terdapat tab Playing yaitu layanan yang memberikan tau kita film apa saja yang sedang tayang saat ini, jika kalian klik salah satu film yang ada pada tab Playing, kalian dapat memesan tiket itu dengan memilih theater bioskop mana, jam tayang dan bangku yang anda inginkan.


 

Pada tab UpComing, terdapat film-film yang akan tayang pada Cinema 21. Pada halaman upComing, kita belum bisa memesan film tersebut, kita hanya bisa melihat sinopsis dan aktor apa saja yang akan main pada film tersebut.


Jika ingin langsung memilih tempat bioskop yang ingin ditonton, kita bisa langsung ke tab Theater dan memilih lokasi yang ingin dituju. Pertama kita memilih kota yang kita inginkan, lalu memilih theater yang ada di kota tersebut, sehabis memilih theater kita bisa langsung memilih film apa yang akan kita tonton. Dan juga pada tab M.food, sama seperti memilih film yang ingin ditonton, kita juga bisa memilih makanan dan minuman pada film yang akan kita tonton tanpa harus membeli lagi diloket dan juga tanpa harus mengantri.
 

Pada tab My.Mtix, kita bisa melihat beberapa layanan yaitu kita bisa melihat ada berapa saldo yang kita miliki dan juga kita bisa mengubah dan melihat profile yang kita miliki. Disini juga kita bisa melihat pembelian apa saja yang sudah kita lakukan dan juga pengisian yang sudah kita lakukan juga.

3. Service Transition

Service transition atau juga bisa disebut dengan Transisi layanan, yaitu perpindahan layanan yang ada pada hal tersebut. Pada MTIX, awalnya hanya diutamakan pada pengguna handphone atau telepon genggam pada awal rilis, dengan seiringnya waktu berjalan dan teknologi juga berkembang dengan pesat, saat ini MTIX sudah melakukan transisi yaitu dari smartphone lalu sekarang bisa menggunakan web browser pada komputer kita. Dengan begitu semua kalangan bisa merasakan dan menggunakan layanan MTIX ini tanpa pandang bulu.

4. Service Operation

Service operation atau bisa disebut operasi layanan, Pada tab My.Mtix kita bisa memberi tahu jika ada pelayanan yang kurang ataupun pelayanan yang kita belum ketahui terhadap aplikasi MTIX tersebut, dengan memilih Contact Us, disitu ada beberapa pilihan jika kita ingin  menanyakan ataupun memberi tahu apa saja yang terjadi pada aplikasi MTIX.

Yang pertama ada untuk M-tix member only, disana yang diperbolehkan bertanya hanya untuk member MTIX, dengan mengisi nama dan email kita dan memilih kategori yang kita ingin tanyakan dan memberikan deskripsi yang lebih dalam pada pertanyaan kita.

Selanjutnya ada nomor WA atau whatsapp untuk semua orang yang ingin bertanya perihal aplikasi MTIX ini, disana juga terdapat email dan mtix care yang bisa dihubungi.

5. Continual Service Improvement

Continual service improvement atau juga bisa disebut Peningkatan layanan yang berkelangsungan merupakan bagaimana cara layanan tersebut dapat terus terbarui. Dalam MTIX sendiri, mereka meningkatkan layanan dari awal rilis sampai sekarang dengan cara menambahkan fitur-fitur yang tidak ada pada sebelumnya dan juga memperbarui penampilan aplikasi yang awalnya lawas menjadi lebih modern. Dan juga MTIX banyak melakukan update yang membuat para pengguna menjadi lebih aman dan nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Dengan begitu, MTIX tetap banyak peminatnya dan juga tidak tertinggal zaman.




Referensi : 

- Aplikasi MTIX 

- https://hybrid.co.id/post/cinema-21-hadirkan-aplikasi-mobile-resmi-untuk-platform-ios-2

 




Comments