Penerapan ITSM dan ITIL pada Perusahaan Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)


JNE

     Jalur Nugraha Ekakurir atau biasa dikenal dengan JNE adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa logistik yang berbasis di Jakarta. Di bawah nama label resmi Tiki Jalur Nugraha Ekakurir adalah perusahaan pelayaran terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 26 November 1990 dengan nama PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir oleh Soeprapto Suparno. Pada awal berdirinya, perusahaan ini didirikan sebagai pionir di salah satu divisi PT Citra van Titipan Kilat (TiKi). Tiki sendiri merupakan perusahaan pelayaran internasional.

    Beberapa unit usaha yang dijalankan JNE antara lain usaha kepabeanan, impor barang, dokumentasi dan pengiriman. Tidak hanya melayani pasar domestik, JNE juga melayani pengangkutan barang dan dokumen dari luar negeri ke Indonesia.

    Seiring dengan perkembangan usaha yang dilakukan oleh JNE, pada tahun 1991 perusahaan mulai memperluas wilayah usahanya. JNE mulai memperluas jaringannya secara internasional dengan bergabung dalam asosiasi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang yang sama di Asia, yang dikenal dengan ACCA. Selanjutnya, grup perusahaan pelayaran yang berbasis di Hong Kong ini memberikan kesempatan kepada JNE untuk "go international" atau berekspansi ke pelosok dunia.

    Di pasar domestik, JNE dan Tiki (jaringan rumah) dapat memperoleh keunggulan dalam persaingan ketat yang sedang berlangsung. Dengan ini, JNE dapat mengembangkan layanan logistik dan distribusi. Namun sayang, JNE dan Tiki mulai menunjukkan tanda-tanda persaingan antara kedua perusahaan ini. Dengan demikian, JNE dan Tiki memiliki orientasi masing-masing dalam mengelola dan mengendalikan kegiatan usahanya.
 
 

ITSM dan ITIL

    ITSM, juga dikenal sebagai IT Service Management, adalah pendekatan strategis untuk desain, pengiriman (delivery), manajemen, dan peningkatan bagaimana teknologi informasi digunakan dalam suatu organisasi. Tujuan ITSM adalah untuk memastikan bahwa proses, orang, dan teknologi yang tepat tersedia sehingga organisasi dapat mencapai tujuan bisnisnya. ITSM tidak hanya tentang perangkat lunak, tetapi juga tentang proses, orang, dan teknologi. Perangkat lunak hanyalah salah satu komponen dari solusi ITSM.

    Solusi perangkat lunak ITSM biasanya terdiri dari beberapa komponen seperti database, objek bisnis (pengguna, grup, peran, dll.) Solusi perangkat lunak ini dirancang untuk memenuhi setidaknya sebagian besar rekomendasi ITIL. Pastikan untuk memilih alat ITSM bersertifikat jika Anda berencana menerapkan praktik ITIL yang baik
 
    ITIL, kependekan dari IT Infrastructure Library, mengacu pada kumpulan dokumen yang dibuat untuk memberikan panduan dan kerangka kerja untuk membangun solusi manajemen layanan IT. Organisasi atau bisnis yang mendukung infrastruktur IT dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya manajemen layanan dengan mengikuti panduan proses ITIL yang direkomendasikan. ITIL memiliki dua tujuan: mendefinisikan terminologi saat ini (terminologi umum) dan mendefinisikan praktik terbaik untuk manajemen layanan IT. ITIL mempunyai 5 domain inti, yaitu:
 
Service Strategy 
 
Untuk menjadi perusahaan internasional yang sukses, penting bagi JNE untuk memiliki jaringan komersial yang kuat di Indonesia, salah satu negara tujuan investasi dan pasar yang strategis di mata dunia. Menjadi Pemimpin Dunia dalam Rantai Pasokan Global Sukses hanya dapat dicapai melalui kerjasama bisnis yang komprehensif untuk pertumbuhan. Mendorong pembelajaran dan perubahan menuju pertumbuhan, peningkatan, dan keuntungan. Kombinasi layanan pengiriman, bea cukai, pergudangan dan distribusi di bawah satu atap memberikan solusi untuk kebutuhan distribusi perdagangan global 7 melalui Internet akan menjadi gaya hidup masyarakat modern di abad berikutnya.
 
Service Design
 
a. Transaction Processing System
 
My-ORION Integrated System merupakan sistem integrasi yang digunakan oleh JNE sebagai layanan untuk mengelola berbagai aspek proses bisnis JNE dalam hal logistik, termasuk sistem pemrosesan transaksi dengan sistem barcode.

Untuk mencari sertifikat tarif, regional dan perangkat. Pengguna dapat menggunakan prosedur dengan perangkat keras, perangkat lunak dan kemudian akan terhubung ke database melalui Internet (telekomunikasi). Dimulai dengan pengguna memasukkan pencarian berdasarkan skala atau area. Kemudian akan mencari database melalui web browser. Dan database akan menampilkan hasil berdasarkan pencarian yang dipilih. 
 
b. Enterprise Collaboration System
 
Untuk pertukaran koordinasi dan informasi, JNE memiliki JNE Chat Room. 
 
c. Process Control System
 
    PT. JNE telah mengembangkan sistem berbasis teknologi informasi bernama MyOrion. Keunggulannya adalah dapat melacak pergerakan kiriman, sangat berguna bagi pelanggan yang sering ingin mengetahui status barangnya. Agar tidak diganggu oleh pelanggan/pelanggan, PT. JNE Logistik merasa perlu menginformasikan kepada pelanggan nomor resi pengiriman. Pengguna Jasa Perusahaan PT. JNE sebenarnya bisa mengontrol pergerakan barang yang dikirim. Setiap tahapan pengiriman dapat dilacak secara real time melalui website http://www.jne.co.id. Pelanggan hanya perlu memasukkan nomor resi pengiriman. Selain itu, pelanggan dapat melihat status pengiriman paket mereka. Misalnya, apakah Anda sudah sampai di kota tujuan atau sedang dalam perjalanan ke alamat tujuan. Pelanggan dapat melacak secara online. Padahal, laporannya sangat detail dengan kondisi barang dan waktunya. 
 
d. Management Support System
 
    PT. JNE Logistik juga berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan peradaban. Perkembangan teknologi informasi khususnya di era informasi membawa dampak yang sangat besar terhadap Sistem Informasi Akuntansi atau yang biasa disingkat (SIA) di suatu perusahaan.
 
 
Service Transition
 
    Fokus pada pengembangan TI, infrastruktur dan jaringan, serta sumber daya manusia menjadikan inovasi sebagai jalan utama. Salah satunya adalah meluncurkan tujuh program utama sekaligus, bernama 7 magnificient. Secara aktif berkolaborasi dengan perusahaan lain untuk saling melengkapi dalam bisnis, berusaha beradaptasi dengan perkembangan komersial saat ini yang ditandai dengan maraknya e-commerce.
 
 
Service Operation
 
  •  REG (Reguler) – Jenis ini adalah jenis yang paling biasa. Umumnya untuk asal dan kota dalam satu pulau membutuhkan waktu 2-4 hari.
  • OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) – Adalah pengiriman termurah dan prioritas rendah. Jika Anda tidak membutuhkan pengiriman cepat atau ingin menghemat uang, gunakanlah. Walaupun bisa dibilang paling lama, tapi kalau di kota tetangga (misal Jakarta-Bogor) bisa diterima dalam 3 hari, meski sangat jarang.
  • YES (Yakin Esok Sampai) – Untuk pelanggan yang biasa memakai reguler maka ini adalah yang tercepat dan termahal, janjinya dalam 1 hari sampai.
  • CTC (City to City) – Jenis pengiriman dalam kota, sama dengan REG cuma beda tidak keluar kota saja. Kadang kodenya CTCYES dan ini berarti menggunakan YES untuk dalam kota yang sama.
  • SPS / SS (Super Speed) – Adalah jenis pengiriman yang paling mahal, bisa mencapai 10 kali lipat ongkir dari REG. Sangat cocok untuk barang yang ingin dikirimkan dalam situasi urgent.
  • TRC (Truck) – Adalah jenis yang biasanya dipakai untuk barang-barang besar dan berat. Kalau menggunakan jenis yang REG atau reguler bisa memakan biasa yang sangat besar, jadi disarankan menggunakan jenis TRC atau Truck ini.
 
 
 Continual Service Improvement
 
  • Setelah meluncurkan aplikasi MyJNE tahun lalu, kini JNE juga menyediakan layanan JNE Online Booking (JOB).
  • Dengan JOB, pelanggan JNE tidak perlu lagi mengisi resi pengiriman secara manual sebagai bukti pengiriman barang pesanan.
  • JNE juga bekerjasama dengan Tokopedia untuk menyediakan saluran pembayaran.
  • Pengguna Tokopedia dapat membayar offline untuk pesanan online mereka di dua ratus kantor perwakilan JNE yang tersebar di seluruh Indonesia.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Referensi:
 
https://m.merdeka.com/jne/profil/

https://fittechinova.com/blog/detail/ayo-ketahui-perbedaan-itil-vs-itsm

https://id.techinasia.com/inovasi-jne-untuk-e-commerce

http://yaukingsyaukiaulia.blogspot.co.id/2016/10/jne-sistem-informasistruktur.html
 
 


 
 
 

Comments